PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACTH BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN (Penelitian pada Kelas V SD Desa Kebonagung, Sumowono, Kabupaten Semarang)

Prihati, Miftah Dwi (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACTH BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN (Penelitian pada Kelas V SD Desa Kebonagung, Sumowono, Kabupaten Semarang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0044_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA - ita paramita.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0044_BAB IV - ita paramita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0044_LAMPIRAN - ita paramita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0044_FULLTEXT - ita paramita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0044_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - ita paramita.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantuan media magic box terhadap keterampilan menulis pantun. Penelitian ini dilaksanakan oleh siswa kelas V SD Desa Kebongagung, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimen, khususnya one group pretest-posttest design. Subjek penelitian dipilih secara sampling purposive. Sampel yang diambil sebanyak 12 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas. Uji normalitas dilakukan untuk mengetahui data berdistribusi normali atau tidak. Analisis data menggunakan teknik statistik Wilcoxon dengan bantuan IMB SPSS Versi 25.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan media magic box berpengaruh terhadap keterampilan menulis pantun. Hal itu diperkuat dengan nilai rata-rata pretest 50,00 dan nilai posttest 73,75 yang mengalami peningkatan sebesar 23,75. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh nilai Z sebesar -3,068 dengan Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,002 (0,002<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantuan media magic box terhadap keterampilan menulis pantun.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Arif Wiyat Purnanto, M.Pd. dan Ari Suryawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Make a match, Keterampilan menulis pantun
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:06
Last Modified: 16 Nov 2021 03:06
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3294

Actions (login required)

View Item View Item