PENGARUH BLENDED LEARNING FLEX MODEL BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM (Penelitian pada Siswa Kelas V di SD Negeri Kuwaluhan Secang Magelang)

Ariawan, Setyo (2021) PENGARUH BLENDED LEARNING FLEX MODEL BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM (Penelitian pada Siswa Kelas V di SD Negeri Kuwaluhan Secang Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0185_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Setyo Ariawan.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0185_BAB IV - Setyo Ariawan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0185_LAMPIRAN - Setyo Ariawan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0185_FULLTEXT - Setyo Ariawan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0185_PERNYATAAN PUBLIKASI - Setyo Ariawan.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Blanded Learning Flex Model berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA materi ekosistem kelas V SDN Kuwaluhan, Secang, Magelang. Desain penelitian ini menggunakan desain Pre-experimental design dengan model penelitian One Group Pretest Postest Design. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Kuwaluhan Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Sampel penelitian diambil secara total dari populasi dengan jumlah sampel sebanyak 28 siswa dengan menggunakan Teknik sampling total sampling. Metode yang digunakan dalam pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Uji validitas yang dilakukan dalam penelitian ini adalah validitas konstruk dan validitas empiris. Uji normalitas pada penelitian ini mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,05 ≥ 0,05 dimana data dinyatakan normal. Uji realibilitas menggunakan alfa cronbach’s yang menghasilkan indeks realibilitas sejumlah 0.941. Hasil uji hipotesis ditunjukan dengan data uji Paired Samples T test hasil belajar IPA dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 12.755 > 1.701 dengan nilai sig. (2 tailed) 0.000 < 0.05, yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh Pembelajaran Blanded Learning Flex Model berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA materi ekosistem. Hasil penelitian ini membuktikan terdapat pengaruh Pembelajaran Blanded Learning Flex Model berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA materi ekosistem.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs.Tawil, M.Pd., Kons. dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPA, Blanded Learning, video
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 16 Nov 2021 03:28
Last Modified: 16 Nov 2021 03:28
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3308

Actions (login required)

View Item View Item