PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI (Penelitian pada siswa kelas IV SD N Wanurejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang)

Indarti, Lusiana Sri (2017) PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI (Penelitian pada siswa kelas IV SD N Wanurejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0007 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0007 _ BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0007 _ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0007 _ FULTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SD N Wanurejo Borobudur Kabupaten Magelang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design dengan melakukan pengukuran awal dan pengukuran akhir. Subjek penelitian terdiri dari 50 siswa yaitu 25 siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dan 25 siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic parametric dengan teknik analisis data menggunakan pengujian independent sample T test. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media diorama berpengaruh secara positif terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi. Dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Peningkatan keterampilan menulis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selisih perbedaan tersebut sebesar 20%. Selain itu dari hasil uji T nilai pretest diperoleh nilai thitung < ttabel yaitu 0,378 < 2,011 yang menunjukan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak sedangkan hasil uji T posttest pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 5,220 > 2,011 hal tersebut menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons (0008015701) dan M. A Noviudin Pritama, M.Pd (0625118801)
Uncontrolled Keywords: Media diorama, Menulis karangan deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:06
Last Modified: 26 Jun 2019 04:06
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item View Item