PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG DISIPLIN TATA TERTIB (Penelitian pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Borobudur Kab. Magelang)

Sundari, Sundari (2017) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG DISIPLIN TATA TERTIB (Penelitian pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Borobudur Kab. Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
11. 0301. 0046 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (556kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
11. 0301. 0046 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] PDF (Skrips)
11. 0301. 0046 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
11. 0301. 0046 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Kelompok dalam peningkatan disiplin tata tertib siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah Borobudur Kabupaten Magelang melalui Bimbingan Kelompok dengan teknik diskusi kelompok. Bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dipilih dengan harapan si swa dapat meningkatkan disiplin tata tertib. Pendekatan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group pre test- post test design. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang berupa Bimbingan Kelompok dan variabel terikat yang berupa Disiplin Tata Tertib Siswa. Populasi dari penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Borobudur Kabupaten Magelang, teknik dalam menentukan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik analisis menggunakan uji Wilcoxon. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obsarvasi,angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin tata tertib siswa mengalami peningkatan setelah memperoleh bimbingan kelompok dengan rata-rata 62% dan hasil analisis Uji Wilcoxon sebesar -2,805. Sehingga pengajuan hipotesis diterima jika taraf signifikan nilai probabilitas kurang dari 0,05. Hasil tersebut di tunjukkan dengan perubahan siswa datang sekolah tepat waktu, giat mengerjakan praktikum, rajin mengerjakan PR, membagi waktu belajar dan bersosialisasi, tidak membuat keributan di kelas, tidak membolos, tidak keluar masuk kelas semaunya sendiri,jika meminjam barang minta ijin,memakai seragam sesuai aturan, memberi keterangan jika tidak masuk sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan disiplin tata tertib siswa di SMA Muhammadiyah Borobudur Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.Kons (0008015701) dan Hijrah Eko Putro, M.Pd (0626098401)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Tata Tertib, Bimbingan Kelompok
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:26
Last Modified: 08 Jul 2019 03:26
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item