IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK BERKAITAN DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT (STUDI KASUS DI OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN YOGYAKARTA)

DEWI, LARAS PALUPI KUSUMO (2021) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK BERKAITAN DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT (STUDI KASUS DI OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN YOGYAKARTA). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0201.0029_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - laras dewi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0201.0029_BAB IV - laras dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0201.0029_FULLTEXT. - laras dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0201.0029_LAMPIRAN - laras dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0201.0029_PERNYATAAN PUBLIKASI - laras dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Ombudsman dalam usahanya untuk melakukan pengawasan pelayanan publik yang terbebas dari paktik maladministrasi tidak dapat bekerja sendirian. Usaha untuk mengawasi penyelenggaraan pelayana publik membutuhkan partisipasi dari masyarakat, sebagaimana diatur dalam Pasal 39 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, sehingga mendorong masyarakat di Yogyakarta untuk membentuk sebuah komunitas yang bernama Komunitas Sahabat Ombudsman yang dibagi menjadi menjadi tiga yaitu Komunitas Jendela Publik, Komunitas Perempuan Peduli Pelayanan Publik dan Sahabat Pelajar Ombudsman. Maka peneliti memandang perlu untuk membahas dan mengkaji lebih dalam mengenai, mengenai penerapan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik yaitu dalam partisipasi masyarakat untuk menjadikan pelayanan publik yang baik dan berkualitas. Berdasarkan hal tersebut maka dalam penelitian ini akan mengkaji mengenai “IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK BERKAITAN DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT (STUDI KASUS DI OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN YOGYAKARTA)” yang meliputi rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana Implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik berkaitan dengan partisipasi masyarakat (Studi Kasus di Ombudsman RI Perwakilan Yogyakarta)?. 2. Apa kendala dan solusi Implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik berkaitan dengan partisipasi masyarakat (Studi Kasus di Ombudsman RI Perwakilan Yogyakarta)?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pendekatan kasus, jenis penelitian menggunakan yuridis sosiologis, bahan penelitian menggunakan bahan primer (wawancara) dan sekunder (studi litelatur), teknik analisi data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa, Implementasi Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik berkaitan dengan partisipasi masyarakat di Yogyakarta belum berjalan dengan baik. Hal ini disebebkan Komunitas Sahabat Ombudsman sebagai implementator masih mengalami kendala yaitu masih sulit menggerakan anggota-anggota, instansi dan masyarakat masih ada yang belum mengetahui keberadaan Komunitas Sahabat Ombudsman.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Dyah Adriantini Sintha Dewi, S.H., M.Hum dan Suharso, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pelayanan Publik, Partisipasi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:04
Last Modified: 11 Oct 2022 03:04
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3400

Actions (login required)

View Item View Item