IMPLEMENTASI KONSEP MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH BANDONGAN

Makruf, Muhamad Zaenal (2022) IMPLEMENTASI KONSEP MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH BANDONGAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0401.0003_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0003_COVER_BAB IV - Zaenal Ma'ruf Official.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0003_COVER_FULLTEXT - Zaenal Ma'ruf Official (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0401.0003_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
Pernyataan Unggah Repositori - Zaenal Ma'ruf Official.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy

Abstract

MUHAMAD ZAENAL MAKRUF: Implementasi Konsep Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Muhammadiyah Bandongan. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2021. Implementasi konsep merdeka belajar menjadi terobosan besar dalam dunia pendidikan Indonesia yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makariem, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, naik soft skills maupun hard skills. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui konsep merdeka belajar pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Bandongan, Kabupaten Magelang., 2) Untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep merdeka belajar dalam pembelajaran daring di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Bandongan, dan 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Bandongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Bandongan dilaksanakan secara daring pada masa pandemi covid-19, yaitu dengan mengimplementasikan kegiatan belajar mengajar melalui beberapa media, antara lain: whatsapp, google form, google meet, google classroom, kine master, dan youtube. 2) Implementasi Konsep Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Bandongan, antara lain a) memberikan motivasi secara masif dengan memperkuat komunikasi dan koordinasi melalui grup; b) memanfaatkan aplikasi daring maupun luring dalam pelaksanaan pembelajaran dengan seluruh warga sekolah melalui para guru dan wali kelas; c) mendorong para siswa dan orang tua untuk tetap semangat, kreatif, dan inovatif; 3) Faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran daring yaitu, kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu, antusiasme siswa dan minimnya siswa akan pemahaman materi. 4) Faktor pendukung pembelajaran daring yaitu, sekolah memfasilitasi wifi untuk guru di sekolah, dan siswa diberikan kuota internet gratis.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Tohirin, S.Ag., M.Ag. dan Subur, S.Pd.I,. M.SI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:18
Last Modified: 11 Oct 2022 04:18
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3465

Actions (login required)

View Item View Item