IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN WINDUSARI 2

Albar, Latif Hakam (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN WINDUSARI 2. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0401.0003_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0003_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0003_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0003_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0003_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy

Abstract

LATIF HAKAM ALBAR: Implementasi Pembelajaran Online Pendidikan Agama Islam Selama Pandemi Covid-19 di SDN Windusari 2. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. SDN Windusari 2 merupakan salah satu Sekolah Dasar unggulan di Kecamatan Windusari yang menerapkan proses pembelajan tanpa tatap muka secara langsung. Namun pelaksanaan pembelajaran online PAI di SDN Windusari 2 pada capaian nilai pembelajaran yang masih dibawah KKM. Kondisi dilapangan menemui beberapa kendala diantaranya, banyak siswa yang mengeluhkan keterbatasan media elektronik ,tertinggal materi pembelajarannya, dan tidak bisa mengerjakan soal-soal yang telah diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran online mata pelajaran PAI (2) Mengetahui faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan pembelajaran online mata pelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa kelas III, IV, V di SDN Windusari 2. Data diperoleh melalui wawancara terhadap subjek penelitian dan dokumentasi yang mendukung informasi dari subjek penelitian. Hasil penelitian antara lain (1) Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PAI pada masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 2 Windusari menggunakan model pembelajaran blended learning yaitu pembelajaran online yang dipadukan dengan beberapa kali pertemuan tatap muka yang terbatas. Media yang digunakan dalam pembelajaran online adalah WA dan Youtube (2) Faktor pendorong dalam pembelajaran online pada mata pelajaran PAI adalah siswa sudah mahir dalam menggunakan media pembelajaran online. Faktor penghambatnya adalah siswa yang memiliki latar belakang ekonomi lemah akan mengalami kendala dalam penyediaan smartphone. Lokasi yang sulit dijangkau oleh sinyal juga menjadi penghambat bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Siswa mengeluhkan interaksi yang minim dalam pembelajaran online.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd dan Subur, M.S.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:19
Last Modified: 11 Oct 2022 04:19
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3469

Actions (login required)

View Item View Item