PENGARUH METODE AL-BAGHDADI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI TPQ AL-MUBARAK DUSUN KARANG MAGELANG

Galih, Septi Sulistya (2022) PENGARUH METODE AL-BAGHDADI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI TPQ AL-MUBARAK DUSUN KARANG MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0401.0032_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (852kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0032_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0032_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0032_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0032_COVER_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

SEPTI SULISTYA GALIH : Pengaruh Metode Al-Baghdadi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di TPQ Al-Mubarak Dusun Karang Ngadiharjo Kabupaten. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Dalam proses pendidikan untuk anak, metode memiliki peran penting dalam keberhasilan mencapai tujuan pendidikan. Metode pembelajaran yang kreatif, yang variatif, menarik, dan sesuai dengan materi yang akan disampaikan merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam proses pembelajaran, maka banyak bermunculan dan berkembang metode pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan membaca Al-Quran santri sebelum menggunakan metode Al-Baghdadi di TPQ Al-Mubarak, (2) Kemampuan membaca Al-Quran santri setelah menggunakan metode AlBaghdadi di TPQ Al-Mubarak, (3) Pengaruh metode Al-Baghdadi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di TPQ Al-Mubarak. Populasi dalam penelitian ini adalah 25 anak. Adapun pengambilan sampel berjumlah 25 anak dengan kategori jenjang pendidikan SD dengan menggunakan teknik total quota sampling karena hanya memiliki sampel yang terbatas sehingga harus dijadikan sampel secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan evaluasi (penilaian). Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan Uji T berpasangan. Hasil penelitian ini adalah: setelah dihitung menggunakan teknik Uji T didapati hasil adanya pengaruh dari metode Al-Baghdadi terhadap kemampuan membaca AlQuran santri di TPQ Al-Mubarak Dusun Karang Magelang. Dapat dibuktikan bahwa nilai yang didapat santri sebelum dan sesudah mendapat metode AlBaghdadi berbeda, lebih baik ketika sudah mendapat metode Al-Baghdadi. Dapat ditunjukkan juga nilai Uji T lebih besar dari nilai T tabel yaitu nilai Uji T (3,5902) > nilai T tabel (2,093).

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: M. Tohirin, M.Ag dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:12
Last Modified: 11 Oct 2022 06:12
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3508

Actions (login required)

View Item View Item