METODE MARKER BASED TRACKING AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

FA’ATI, NUR (2021) METODE MARKER BASED TRACKING AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG.

[img]
Preview
PDF (SKRIPSI)
1705040040_BAB I_BAB II_BAB III_BAB VI_DAFTAR PUSTAKA - Nurfa Nf.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img] PDF (SKRIPSI)
1705040040_BAB IV_BAB V - Nurfa Nf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
1705040040_FULLTEXT - Nurfa Nf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
1705040040_LAMPIRAN - Nurfa Nf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (SKRIPSI)
1705040040_PERNYATAAN_UNGGAH_REPOSITORY - Nurfa Nf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu mata pelajaran bahasa asing yang dipelajari di sekolah adalah bahasa Inggris. Sejak ditetapkannya Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar mata pelajaran bahasa Inggris telah dipindahkan ke Muatan Lokal. Metode pengajaran tradisional masih digunakan di sekolah dasar, metode ini berdampak pada pemahaman siswa, selain itu siswa cepat bosan saat pembelajaran berlangsung di kelas. Metode tradisional adalah guru menjelaskan di depan kelas dengan ceramah, dan murid mendengarkan. Pengembangan media pembelajaran sangat penting dalam menarik perhatian siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris, maka dirancanglah inovasi metode pembelajaran dengan penggunaan teknologi augmented reality, dimaksudkan agar siswa lebih memperhatikan dan memahami informasi dengan perkembangan terkini dan menarik. Dalam perancangan model aplikasi metode pembelajaran tersebut digunakan metode marker based tracking dan nantinya akan dijalankan pada perangakat mobile berbasis android. Dengan tujuan siswa lebih mudah menyerap informasi saat belajar bahasa Inggris jika mereka menggunakan pendekatan aplikasi pembelajaran augmented reality. Hasil penelitian ini adalah model media pembelajaran bahasa inggris yang dapat digunakan guru dan siswa sebagai media pembelajaran alternative selain buku.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Endah Ratna Arumi, M.Cs dan Dimas Sasongko, S. Kom., M. Eng
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Marker Based Tracking
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:21
Last Modified: 11 Oct 2022 06:21
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3521

Actions (login required)

View Item View Item