PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBIASAAN DI SD ISLAM TAHFIDZ QUR’AN AS SYAFI’IYAH

Abdillah, Ainaya Tsabita (2022) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBIASAAN DI SD ISLAM TAHFIDZ QUR’AN AS SYAFI’IYAH. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0305.0026_COVER_BAB 1- BAB 2- BAB 3-BAB 5_DAPUS.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0026_COVER_BAB IV - PKBM Taman Dewanta.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0026_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0026_COVER_LAMPIRAN - PKBM Taman Dewanta.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
18.0305.0026_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - PKBM Taman Dewanta.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter religius melalui pembiasaan, faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan pendidikan karakter di SD Islam Tahfidz Qur’an As-Safi’iyah, Mungkid, Kabupaten Magelang, Semester 2 Tahun Ajaran 2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan penerapan pendidikan karakter religius melalui pembiasaan. sumber data penelitian inii adalah kepala sekolah, guru kelas, guru tahfidz dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilihat memalui triangulasi data yaitu metode dan sumber data. Berdasarkan hasil penelitian Penerapan Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan di SD Islam Tahfidz Qur’an As-Syafi’iyah bahwasannya sudah menerapakan karakter religius dengan pembiasaan, proses yang dilakukan: (1) Penerapan, adanya peraturan sekolah yang sudah ditetapkan sekolah untuk siswa dan siswi di SD Islam Tahfidz As-Syafi’iyah. (2) Pelaksanaan, pembiasaan siswa melalui aturan dan kegiatan disekolah. (3) Perilaku berkarakter, dengan pembiasaan tersebut nilai-nilai pendidikan karakter terbentuk. Faktor pendukung dan penghambat yaitu, faktor pendukung (1) guru, orang tua dan semangat siswa. (2) hukuman terhadap pelanggaran. (3) sarana dan prasarana. Faktor penghambat (1) pola asuh orang tua. (2) lingkungan. (3) kemampuan anak.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dhuta Sukmarani, M.Si. dan Puji Rahmawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Religius, Pembiasaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:13
Last Modified: 11 Oct 2022 08:13
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3632

Actions (login required)

View Item View Item