MODEL MANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI DI SDIT KHOIRO UMMAH PURWOKERTO DENGAN PENDEKATAN PDCA

Dirsan, Dirsan (2022) MODEL MANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI DI SDIT KHOIRO UMMAH PURWOKERTO DENGAN PENDEKATAN PDCA. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Tesis)
1904060040_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[img] PDF (Tesis)
1904060040_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
1904060040_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
1904060040_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Tesis)
1904060040_COVER_PERNYATAAN UNGGAH.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

DIRSAN: Model Manajemen Pembentukan Karakter Islami di SDIT Khoiro Ummah Purwokerto dengan Pendekatan PDCA. Tesis. Magelang: Program Pascasarjana Magister Manajemen Pendidikan Islam, 2022. Pendidikan saat ini menunjukkan terjadinya perilaku anti budaya dan karakter yang kurang baik. Pendidikan karakter dapat optimal, efektif dan efisien dengan melakukan perbaikan pada manajemen. Penelitian ini mengulas tentang Model Manajemen Pembentukan Karakter Islami di SDIT Khoiro Ummah Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Manajemen Pembentukan Karakter Islami di SDIT Khoiro Ummah Purwokerto. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dipilih secara purposive, dan kecukupan data digunakan teknik snowball sampling. Informan penelitian mencakup kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan wali peserta didik. Analisis data penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter Islami berhasil dengan didukung kebijakan Kepala Sekolah dan karakter Islami tidak bisa dibentuk sekaligus, namun dibentuk dengan ditumbuhkan melalui perbaikan secara terus-menerus (continuous improvement). Manajemen dengan pendekatan PDCA (Plan, Do, Ceck, Action) yang diterapkan SDIT Khoiro Ummah Purwokerto sangat tepat sehingga karakter Islami terus mengalami peningkatan baik kuantitas maupun kualitasnya. Fokus pendidikan karakter Islami di sekolah ini adalah aspek ibadah dan aspek akhlak. Keterbatasan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia serta sarana prasarana yang ada menyebabkan sekolah memprioritaskan pada BTAQ (Baca Tulis Alquran) dan tahfidz tanpa mengesampingkan program pembentukan karakter Islami lainnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Dr. Nurodin Usman, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Karakter Islami, Continuous Improvement
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:14
Last Modified: 11 Oct 2022 08:14
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3634

Actions (login required)

View Item View Item