INOVASI MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BEHAVIORISTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH KUTOARJO DAN SD MUHAMMADIYAH KEMIRI

Hastomo, Widi (2022) INOVASI MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BEHAVIORISTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH KUTOARJO DAN SD MUHAMMADIYAH KEMIRI. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Tesis)
19.0406.0057_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (742kB) | Preview
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0057_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0057_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0057_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0057_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Widi Hastomo.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy

Abstract

WIDI HASTOMO: Inovasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Behavioristik Dalam Pembentukan Karakter Di SD Muhammadiyah Kutoarjo dan SD Muhammadiyah Kemiri. Tesis. Magelang : Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi manajemen kurikulum pendidikan agama Islam dan pembentukan karakter berbasis behavioristik di SD Muhammadiyah Kutoarjo dan SD Muhammadiyah Kemiri. Penelitian ini didesain dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, disajikan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Karakter yang diteliti difokuskan pada karakter religius. Konsep manajemen kurikulum pendidikan agama Islam yang digunakan di SD Muhammadiyah Kutoarjo dan SD Muhammadiyah Kemiri mencakup 4 fungsi manajemen, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengontrolan (controlling) atau sering disingkat POAC. Inovasi manajemen kurikulum pendidikan agama Islam dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran, bersalaman di pagi hari, majelis pagi, piket kelas, makan siang bersama, sholat dhuhur berjamaah, keputrian, malam bina iman dan taqwa, outbond, hizbul wathan, dan archery club. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum pendidikan agama Islam berbasis behavioristik di SD Muhammadiyah Kutoarjo dan SD Muhammadiyah Kemiri sudah berjalan sesuai dengan teori yang ada dan berhasil membentuk karakter religius siswa menjadi lebih baik, sehingga diharapkan siswa tidak hanya menerapkannya di sekolah tetapi juga di rumah dan lingkungan sekitarnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Dr. Nurodin Usman, LC, MA
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pembiasaan, Karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:16
Last Modified: 12 Oct 2022 01:16
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3677

Actions (login required)

View Item View Item