PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITAS UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas XI TKR A SMK Putra Bangsa Salaman)

Mustakimah, Mustakimah (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITAS UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas XI TKR A SMK Putra Bangsa Salaman). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0007 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0007 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0007 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0007 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan realitas dalam konseling kelompok untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa, penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI TKR A SMK Putra Bangsa Salaman. Penelitian ini menggunakan pre test-post test group design dengan satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 16 siswa, 8 siswa masuk dalam kelompok eksperimen yaitu siswa yang diberi perlakuan (konseling kelompok dengan pendekatan realitas) dan 8 siswa masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberi perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik Uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan realitas berpengaruh terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik siswa . hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan penurunan skor skala prokrastinasi akademik anatara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Diman skor kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelompok kontrol. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan realitas untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas XI TKR A SMK Putra Bangsa Salaman T.A 2016/2017.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, M.S., Kons (0002086001) dan Nofi Nuryuhenita M.Psi. (0609118701)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Realitas, Konseling Kelompok, Prokrastinasi Akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:50
Last Modified: 22 Jul 2019 03:50
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item