PENGARUH KONSELING KELOMPOK MODEL BEHAVIORISTIK DENGAN TEKHNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas XI B SMP Negeri 1 Selopampang, Temanggung)

Agustin, Venti (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK MODEL BEHAVIORISTIK DENGAN TEKHNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas XI B SMP Negeri 1 Selopampang, Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0013 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0013 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0013 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0013 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok model behavioristi dengan tekhnik role playing terhadap peningkatan motivasi belajar. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Selompang Temanggung T.A. 2016/2017. Penelitian ini menggambarkan diambil sebanyak 20 siswa, 10 siswa masuk dalam kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan (konseling kelompok model behavioristik dengan tekhnik role playing) dan 10 siswa masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik One Way Anova. Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok dengan tekhnik role playing berpengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan skor skala kepercayaan diri antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana peningkatan pemahaman kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, selain itu peningkatan kepercayaan diri siswa ditandai dengan perbanyak aspek dan indikator kepercayaan diri.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof.Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. (0012096606)dan Nofi Nur Yuhenita, S.Pd, M.Si. (0609118701)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok model behavioristik, teknik role playing, kepercayaan diri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:50
Last Modified: 22 Jul 2019 03:50
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item