Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Hadis Jibril. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022.

Harefa, Fadhil Khalid (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Hadis Jibril. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF
17.0401.0002_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Fadhil Harefa.pdf - Published Version

Download (808kB) | Preview
[img] PDF
17.0401.0002_BAB IV - Fadhil Harefa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] PDF
17.0401.0002_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
17.0401.0002_LAMPIRAN - Fadhil Harefa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[img] PDF
17.0401.0002_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Fadhil Harefa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Fenomena sosial saat ini, seperti korupsi, pembunuhan, tawuran, siswa berani terhadap guru, anak berani terhadap orang tua hingga kesopanan yang semakin luntur, menunjukkan dekadensi moral bangsa yang sedang merosot. Upaya untuk memperbaikinya diantaranya adalah dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada generasi penerus bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam hadis Jibril serta untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam hadis Jibril di dunia pendidikan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian jenis kualitatif dengan metode kepustakaan (library research), dengan menggunakan sumber data primer yaitu hadis Jibril dalam kitab Shahih Bukhari nomor 38. Teknik keabsahan data menggunakan teknik ketekunan dalam penelitian dengan teknik pustaka dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini pertama, menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam hadis Jibril meliputi: Keimanan atau keyakinan, ritual keagamaan, moralitas, dan kepercayaan terhadap hari akhir. Bentuk relevansi nilai-nilai Pendidikan Islam dalam hadis Jibril di dunia pendidikan pada generasi bangsa yaitu, keimanan: bahwa generasi diindonesia saat ini kurang menggangap pentingnya agama. Sehinggah didapati diantara generasi diindonesia masih senang melakukan perbuatan yang merugikan orang lain maupun dirinya sendiri. ritual keagamaan : didapati generasi masih belum memahami dan melaksanakan ibadah dengan baik dan benar. Moralitas: bahwa generasi bangsa telah banyak melanggar batasan moral. Kepercayaan terhadap hari akhir: adalah budaya hedonisme atau suka jalan-jalan dengan perilaku konsumtif. Budaya ini seiring berjalannya waktu semakin disukai oleh generasi bangsa. Mereka lebih suka untuk berjalan-jalan atau hangout bersama teman-temannya dibandingkan melakukan hal yang bermanfaat.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: M. Tohirin, S.Ag, M.Ag. dan Ibu Nasitatul Jannah, S.Pd.I, M.S.I.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:52
Last Modified: 20 Oct 2022 01:52
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3773

Actions (login required)

View Item View Item