Pendidikan Akhlak bagi Anak pada Keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Desa Porworejo Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammaadiyah Magelang, 2022

Mustaghfiroh, Mustaghfiroh (2022) Pendidikan Akhlak bagi Anak pada Keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Desa Porworejo Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammaadiyah Magelang, 2022. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF
18.0401.0009_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Mus Tagfiroh.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img] PDF
18.0401.0009_COVER_BAB IV - Mus Tagfiroh.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] PDF
18.0401.0009_FULL TEXT - Mus Tagfiroh.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
18.0401.0009_COVER_LAMPIRAN - Mus Tagfiroh.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
18.0401.0009_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Mus Tagfiroh.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam perkembangan pendidikan anak sangat diperlukan peran dari keluarga terutama peran dari kedua orang tua. Karena ibunya bekerja di luar negeri, maka anak akan tinggal bersama ayah atau kerabatnya. Untuk itu seorang ayah harus mampu menjadi ayah sekaligus menjadi ibu bagi anak mereka, harus bisa menjadi teladan yang baik agar sang anak dapat berkembang menjadi pribadi yang baik, terarah dan tidak kurang kasih sayang. Oleh sebab itu, perlu adanya penelitian tentang 1) Bagaimana pola pendidikan akhlak pada keluarga TKW, 2) Apa saja problematika yang ditemui, serta 3) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dari delapan keluarga ada yang menerapkan pola asuh bebas ada juga yang menerapkan pola asuh demokratis, serta menerapkan pola asuh otoriter. Metode pendidikan yang digunakan bermacam- macam. Metode yang paling umum digunakan adalah metode pemberian nasihat. Adapun metode pendidikan lain yang digunakan adalah metode dengan adat kebiasaan, keteladanan, pemberian perhatian, serta pemberian hukuman. 2) Pemasalahan yang ditemui oleh keluarga TKW dalam mendidik akhlak anak mereka bemacam-macam. Antara lain, rendahnya tingkat pendidikan orang tua, kurangnya kepeduliaan orang tua dalam mendidik, mudahnya anak terpengaruh dengan kondisi lingkungan yang kurang baik. 3) Upaya yang dilakukan orang tua untuk mengatasi masalah tersebut antara lain, memanejemen waktu bermain anak, memberikan hukuman dan hadiah kepada anak, menyerahkan pendidikan anak ke sekolah atau guru TPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:55
Last Modified: 20 Oct 2022 01:55
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item View Item