Nilai-nilai Sosial Religius Dalam Film Cahaya Cinta Pesantren Dan Relevasinya Dengan Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang. 2022

Isti, Nanin Nadilah (2022) Nilai-nilai Sosial Religius Dalam Film Cahaya Cinta Pesantren Dan Relevasinya Dengan Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang. 2022. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF
18.0401.0015_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Nanin Nadilah Isti.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img] PDF
18.0401.0015_COVER_BAB IV - Nanin Nadilah Isti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] PDF
18.0401.0015_FULL TEXT - Nanin Nadilah Isti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
18.0401.0015_COVER_LAMPIRAN - Nanin Nadilah Isti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
18.0401.0015_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Nanin Nadilah Isti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan mengenai Nilai-nilai Sosial Religius Dalam Film Cahaya Cinta Pesantren Dan Relevasinya Dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research), dengan mengambil objek film Cahaya Cinta Pesantren. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai-nilai sosial religius dalam film cahaya cinta pesantren memiliki relevansi dengan pendidikan agama islam. Hal ini berdasarkan nilai yang berhubungan dengan tuhan, nilai yang berhubungan dengan diri sendiri, nilai yang berhubungan dengan sesama, nilai yang berhubungan dengan lingkungan dan nilai yang berhubungan dengan kebangsaan. (2) Tujuan Pendidikan Agama Islam ialah kepribadian seseorang yang membuatnya menjadi “insan kamil” dengan pola taqwa insan kamil artinya manusia utuh rohani dan dapat hidup dan berkembang secara wajar dan normal karena takwanya kepada Allah SWT. Materi Pendidikan Agama Islam pada sekolah atau madrasah dasar, lanjutan tingkat pertama dan lanjutan atas merupakan integral dari program pengajaran setiap jenjang pendidikan. Sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional , Pendidikan Agama Islam diarahkan untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya. Materi pokok Pendidikan Agama Islam dapat diklasifikasikan menjadi lima aspek kajian, yaitu: a. Aspek Al-Qur’an dan Hadist, b. Aspek keimanan dan aqidah Islam, c. Aspek akhlak, d. Aspek hukum Islam atau Syari’ah Islam, dan e. Aspek tarikh Islam. Media pembelajaran dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis, seperti media cetak dan media rancangan. Media visual, audio dan audiovisual.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Muis Sad Iman, M.Ag. dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:55
Last Modified: 20 Oct 2022 01:55
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3777

Actions (login required)

View Item View Item