Kompetensi Kepribadian Guru dalam Film Beyond the Blackboard dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022

Sari, Silvia Tiyas (2022) Kompetensi Kepribadian Guru dalam Film Beyond the Blackboard dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2022. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF
18.0401.0024_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Silvia Tiyas.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[img] PDF
18.0401.0024_COVER_BAB IV - Silvia Tiyas.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
18.0401.0024_FULL TEXT - Silvia Tiyas.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
18.0401.0024_COVER_LAMPIRAN - Silvia Tiyas.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
18.0401.0024_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Silvia Tiyas.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Kompetensi kepribadian guru merupakan kemampuan sikap yang ditampilkan dalam perilaku terpuji dari seorang guru sehingga menimbulkan rasa percaya diri dan mampu menjadi teladan bagi peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru dalam film Beyond the Blackboard beserta relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data didasarkan atas data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan dengan content analisys (analisis isi) yaitu teknik yang digunakan dalam menarik kesimpulan melalui usaha menemukan pesan yang dilakukan secara objektif dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam film Beyond the Blackboard terdapat beberapa kompetensi kepribadian dari seorang guru diantaranya 1) kepribadian yang mantap dan stabil, 2) kepribadian yang disiplin, 3) kepribadian yang menjadi teladan bagi peserta didik, 4) kepribadian yang berakhlak mulia, 5) kepribadian yang berwibawa, 6) kepribadian yang dewasa. Relevansinya dengan pendidikan Islam adalah menjadi guru yang mantap dan stabil ditandai dengan memiliki sikap optimis dan percaya diri, kepribadian yang disiplin ditandai dengan sikap taat dan bertanggung jawab, kepribadian yang menjadi teladan bagi peserta didik ditandai dengan memiliki sikap teladan yang baik dan rendah hati, kepribadian yang berahlak mulia ditandai dengan memiliki sikap ikhlas dan sabar, kepribadian yang berwibawa ditandai dengan memiliki rasa kasih sayang dan berilmu pengetahuan, dan kepribadian yang dewasa ditandai dengan memiliki sikap etos kerja yang tinggi, bijaksana, serta mampu menjalin komunikasi dengan orang lain.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd, dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:55
Last Modified: 20 Oct 2022 01:55
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3778

Actions (login required)

View Item View Item