HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN Banyurojo 1 Magelang)

Astuti, Wahyu Dwi (2017) HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN Banyurojo 1 Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0023 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0023 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0023 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0023 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan pola asuh otoriter terhadap prestasi belajar, 2) hubungan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, dan 3) hubungan pola asuh otoriter dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV tahun pelajaran 2016/2017 di SD Negeri Banyurojo 1 Magelang. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan sampel siswa kelas IV SD Negeri Banyurojo 1 Magelang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan antara pola asuh otoriter terhadap prestasi belajar dengan nilai r sebesar 0,467 dan persentase hubungan sebesar 21,5 %; 2) ada hubungan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai r sebesar 0,437 dan persentase hubungan sebesar 19,1 %; 3) terdapat hubungan antara pola asuh otoriter dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, dengan nilai Fhitung 5,984 dan persentase hubungan sebesar 21,7 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara pola asuh otoriter dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd.Kons., (0627057501) dan Septiyati Purwandari, M. Pd., (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Otoriter, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:58
Last Modified: 22 Jul 2019 03:58
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item