PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL ANAK TK B (Penelitian pada siswa Kelompok B Taman Kanak-Kanak Cempaka Jenar Kidul, Purwodadi, Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015)

Hadi, Syifa Shoimatus Sofiati (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL ANAK TK B (Penelitian pada siswa Kelompok B Taman Kanak-Kanak Cempaka Jenar Kidul, Purwodadi, Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
10.0304.0155 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
10.0304.0155 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
10.0304.0155 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
10.0304.0155 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh MEDIA pembelajaran menggunakan gambar seri terhadap kemampuan matematika awal anak TK B Desain penelitian ini berupa penelitian eksperimen One Group Pretest Posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 18 subyek, dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan Lembar Observasi untuk mengetahui Kemampuan matematika awal anak. Teknik analisis menggunakan Uji Peringkat-Bertanda Wilcoxon dengan bantuan computer program SPSS versi 19,0 for windows. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan gambar seri berpengaruh terhadap kemampuan matematika awal anak.. Hal tersebut didukung oleh skor rata-rata pengukuran awal (T1) sebesar 21,00, sedangkan pengukuran akhir mencapai (T2) mencapai 43,89. Berdasarkan analisis terdapat perbedaan matematika anak antara pengukuran awal dan pengukuran akhir dengan nilai Z sebesar -3.732 dengan nilai Asymp. Sig 0< α 0,05. Hipotesis penelitian yang dirumuskan bahwa “.media pembelajaran menggunakan gambar seri berpengaruh terhadap kemampuan matematika awal anak” teruji kebenarannya..

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Riana Mashar, M. Si, Psi (0614107401) dan Febru Puji Astuti S. Pd (0623028402)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Menggunakan Gambar Seri, Kemampuan Matematika Awal Anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Aug 2019 02:50
Last Modified: 19 Aug 2019 02:50
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item