PENGARUH BERMAIN FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN (Penelitian Pada Siswa Kelompok Bermain Kartika XII-2 Panca Arga Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2016/2017)

Sulistiyaningtiyas, Wilda (2017) PENGARUH BERMAIN FINGER PAINTING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN (Penelitian Pada Siswa Kelompok Bermain Kartika XII-2 Panca Arga Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0010 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0010 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0010 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0010 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain finger painting terhadap kemampuan mengenal warna anak usia 3 – 4 tahun di Kelompok BermainPancaarga XII-2 Kecamatan Mertoyudan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttestdesaign. Subjek penelitian ini terdiri dari 15 anak usia 4-5 tahun yang diambil dari kelompok A di KB Kartika Panca Arga yang dipilih dengan teknik sampling 7 anak sebagai kelompok ekperimen dan 8 anak kelompok kontrol. Teknik analisis Data yang diperoleh hasil observasi yang dilakukan kepada setiap subjek penelitian yangyang dilakukan kepada sobyek penelitin ketika pelaksanaan pretest dan posttes, selanjutnya diuji menggunakan uji peringkat bertanda wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 20.0.penelitian ini terdiri dari dua variable bebas dan variable terikat. Sebagai variable bebas adalahmedia finger painting dan variable terikatnya adalah kemampuan mengenal warna. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan metode finger painting dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna dan sangat mendukung dalam kecerdasan anak haln ini dibuktikan mengenal warna sebesar 38,1 sedangkan kelompok control diperoleh nilai rata-rata sebesar 31,1 pada saat post test dengan melihat angka z hitung sebesar -2,213 dengan nilai p volue 0,029≤ 0,05. Yang berarti terdapat pengaruh pemberian metode bermain finger painting terhadap kemampuan mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun di KB Kartika

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. H Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Febru Pujiastuti, M.Pd. (0623028402)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal Warna, Bermain Finger Painting
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 19 Aug 2019 03:38
Last Modified: 19 Aug 2019 03:38
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/436

Actions (login required)

View Item View Item