EFEKTIVITAS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIDATO

Mahpudin, Mahpudin (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIDATO. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0094 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0094 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0094 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0094 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Al Firdaus Ngasem, Mertoyudan, Magelang. Yang berjumlah 30 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, dan 3) catatan lapangan. Teknik analisis data statistik deskriptif digunakan untuk mencari data kuantitatif yaitu nilai rata-rata, sedangkan analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi hasil pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama, kemampuan berpidato siswa kelas IV B SD Islam Al Firdaus Magelang tahun pelajaran 2016/2017 meningkat setelah mengikuti pembelajaran kompetensi dasar berpidato dengan menggunakan pendekatan whole language. Peningkatan itu terlihat dari perubahan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 12,24. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 65,27 dan peningkatan pada siklus II sebesar 81,57. Peningkatan hasil keterampilan berpidato pada siklus I sebesar 7,86 dan pada siklus II meningkat sebesar 83,28. Kedua, siswa mengalami perubahan perilaku setelah mengalami pembelajaran berpidato dengan menggunakan pendekatan whole language. Perubahan perilaku tersebut tampak pada suasana kelas yang lebih hidup dan menantang siswa untuk berkompetensi maju berpidato didepan kelas pada saat pembelajaran siklus II. Potensi siswa tampak dikerahkan untuk tampil berpidato sebaik mungkin didepan teman-temannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs.Tawil,M.Pd.,Kons.(0008015701) dan Rasidi, M.Pd.(0620098801)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpidato,Model Pendekatan Whole Language,SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:44
Last Modified: 29 Aug 2019 04:44
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item