PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

Anindiawati, Lilis (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0112_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (637kB)
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0112_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0112_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0112_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian experimen. Desain Penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi Kelas V sebanyak 46 orang siswa,sampel kelas VA sebanyak 23 siswa untuk kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 23 siswa untuk kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket sikap ilmiah dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent samples t test. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS . Hasil analisis uji-t angket awal kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa nilai t < ttabel yaitu -0.090 < 2.015 dan nilai sig. (2-tailed) 0.929> 0.05 sehingga Ho diterima, hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara angket awal kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan berupa penerapan model PBL. Sedangkan hasil analisis uji-t angket akhir kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa nilai t > ttabel yaitu 11.037 > ttabel 2.015 dan nilai sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh penerapan penerapan PBL terhadap sikap ilmiah pada pemebelajaran IPA dan dapat dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara angket akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penerapan model PBL adalah model pembelajaran yang dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Petarangan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS., Kons.(0002086001) dan Astuti Mahardika, M.Pd.(0626118702)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Sikap Ilmiah, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 03:07
Last Modified: 17 Sep 2019 03:07
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item View Item