PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN PAYAMAN 1 KEC. SECANG KAB. MAGELANG

Aji Nugroho, Dwi (2017) PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN PAYAMAN 1 KEC. SECANG KAB. MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0115_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (559kB)
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0115_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0115_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0115_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan Minat belajar IPA tentang daur hidup hewan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN Payaman 1 Tahun Ajaran 2016/2017.. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Payaman 1 yang berjumlah 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Perhitungan validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini, peneliti menggunakan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan Minat belajar IPA tentang Daur Hidup Hewan siswa kelas IV SDN Payaman 1. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai siswa. Pada kegiatan prasiklus, didapatkan hasil rata-rata persentase 57,25%. Pada siklus I meningkat menjadi 71,77%.Dan siklus II meningkat menjadi 82,09% dengan persentase aspek “kesukaan siswa” mencapai 77,41%, aspek “ketertarikan siswa” mencapai 80,06%, aspek “perhatian siswa” mencapai 87,09%, dan aspek “keterlibatan siswa” mencapai 83,80%. Dari data diatas, diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN Payaman 1 Kec. Secang Kab. Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs.Arie Supriyatno, M, Si.(0012045601) dan Dhuta Sukmarani, M, Si.(0609088701)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:55
Last Modified: 06 Sep 2019 03:55
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item