PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA

Tri Hartatik, Rina (2017) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0119 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0119 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0119 _LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0119 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penerapan metode inquiry dalam meningkatkan prestasi belajar IPA pada kelas IV SD N Sukosari. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Sukosari. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, dan observasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Berdasarkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya metode inquiry. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dimulai dari nilai rata-rata siswa 50 dengan persentase ketuntasan 31,25%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 68,12 dengan persentase ketuntasan belajar 62,50%, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,06 dengan persentase ketuntasan 81,25%. Penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD N Sukosari Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs.H. Subiyanto,M.Pd(0007085701) dan M.A Noviudin Pritama,M.Pd (0625118801)
Uncontrolled Keywords: Metode Inquiry, Prestasi belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2019 06:49
Last Modified: 16 Sep 2019 06:49
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/453

Actions (login required)

View Item View Item