PENGARUH METODE PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM

Rahmawati, Titania (2017) PENGARUH METODE PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0038 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0038 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0038 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0038 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode peta konsep terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD N Krincing Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan metode peta konsep sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Krincing yang berjumlah 40 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 20. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan random assignment secara acak dengan menggunakan undian. Hasil yang diperoleh yaitu kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Hasil penelitian mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 68,10, sedangkan untuk posttest nilai rata-rata sebesar 75,05. Pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS for windows versi 23,00. Berdasarkan analisis terdapat perbedaan dari hasil t-test antara pretest dan posttest. Hasil pretest menunjukaan Sig. (2-tailed) sebesar 0,017, sedangkan hasil posttest menunjukkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,006. Karena Sig < 0.05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa metode peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd.Kons (0627057501) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901)
Uncontrolled Keywords: metode peta konsep, hasil belajar ipa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:15
Last Modified: 17 Sep 2019 02:15
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item