PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRABBLE TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Aisyah, Fitriana Nur (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRABBLE TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0129 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0129 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0129 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0129 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media scrabble terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas III SD Negeri Wonolelo 3 Sawangan. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental. Rancangan penelitian eksperimen ini digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali dengan rancangan tes awalakhir pada satu kelompok (One Group Pretest-Posttest Design). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Wonolelo 3 Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 20 subjek. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode tes. Analisis data menggunakan teknik statistik nonparametrik yaitu Uji Peringkat-Bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media scrabble terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri Wonolelo 3 Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal itu ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil penguasaan kosakata Bahasa Inggris berdasarkan ukuran antara sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan berupa media scrabble. Pada pengukuran awal diperoleh skor pengukuran awal rata-rata 43,25, nilai minimal 30, maksimal 60. Selanjutnya setelah diberi perlakuan berupa media scrabble dan dilakukan pengukuran kembali diperoleh skor rata-rata sebesar 70,75, nilai minimal 60, nilai maksimal 80. Uji hipotesis diperoleh Asymp ig 2 (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 dan Z skor sebesar -3,854 sehingga hipotesis : “Ada pengaruh penggunaan media scrabble terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri Wonolelo 3 Tahun 2016/2017,” diterima.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi.(0614107401) dan Ela Minchah L.A. M.Psi.Psi.(0606018701)
Uncontrolled Keywords: Media Scrabble, Kosakata Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:37
Last Modified: 17 Sep 2019 02:37
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item View Item