PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Prasetyo, Adang (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0134_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0134_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0134_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0134_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD N Sewukan tahun ajaran 2016/ 2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Sewukan yang berjumlah 40 siswa. yang terdiri dari kelas IVA berjumlah 20 siswa dan kelas IVB berjumlah 20 siswa.dengan diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Analisis yang digunakan adalah uji t indepentdent sample t test dengan membandingkan nilai posttest. Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV SD Negeri Sewukan Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV SD Negeri Sewukan. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil Pada post-test dari kelas eksprimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh mean (nilai rata-rata) 83,60. Sedangkan untuk kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai posttest dari kelas kontrol mean (nilai rata-rata) sebesar 71,80. Peningkatan nilai rata-rata sebesar 11,8 dan diperoleh hasil uji independent sample t test diperoleh hasil nilai thitung 5,816 > t tabel 1,685 dan diperoleh nilai signifikasi kurang dari 0,05(p =0,000 < 0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar ipa siswa kelas IV SD Negeri Sewukan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs.H.Subiyanto,M.Pd.,(0007085701) dan Galih Istiningsih, M.Pd.(0619018901)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:40
Last Modified: 17 Sep 2019 02:40
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

View Item View Item