PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Anifah, Eko Siti (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0172_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (970kB)
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0172_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0172_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0172_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II di SD Negeri 3 Purwosari Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung Tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni (True Experimental Design) dengan model Pretest Posttest Control Group Design. Subjek Penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 39 orang siswa terdiri dari 20 siswa kelompok eksperimen dan 19 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi keterampilan membaca permulaan. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu uji Mann-Whiteney dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Scramble berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Mann-Whiteney pada kelompok eksperimen dengan nilai sig (2-tailed) 0,000< 0.05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan nilai rata-rata keterampilan membaca permulaan siswa antara kelompok eksperimen sebesar 81.62 dan kelompok kontrol sebesar 69.47. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Scramble berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si. (0611098203) dan Dhuta Sukmarani, M.Si. (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Scramble, Keterampilan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2019 03:00
Last Modified: 17 Sep 2019 03:00
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item