PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA

Anisah, Hanik (2017) PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0204 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0204 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0204 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0204 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Flash Card terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa di SD Negeri Sidoagung 1 Tempuran. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen dengan jenis One Group Pretest Posttest Design dengan melakukan pengukuran awal dan pengukuran akhir. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Sidoagung 1 Tempuran yang berjumlah 139 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas III dengan jumlah siswa sebanyak 23. Teknik Sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar soal Pretest dan Posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan bantuan SPSS versi 16.0 for Windows. Untuk menguji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Flash Card berpengaruh terhadap keterampilan membaca. Perhitungan menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan antara keterampilan membaca siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Dilihat dari rata-rata, rata-rata Posttest lebih besar dari rata-rata Pretest yaitu 80 > 67. Maka hipotesis yang dirumuskan adalah penggunaan media Flash Card berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan membaca, diterima dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M. Pd (0028036001) dan M. A Noviudin Pritama, M. Pd (0625118801)
Uncontrolled Keywords: media flash card, keterampilan membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:17
Last Modified: 19 Sep 2019 02:17
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item