PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA TABEL MILENIUM TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN KELAS 3 SD

Mindariyanti, Eka Noviana (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA TABEL MILENIUM TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN KELAS 3 SD. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0015_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0015_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0015_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0015_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tabel milenium terhadap hasil belajar matematika materi pengukuran kelas III SD Negeri Kedungsari 5 Magelang. Hasil belajar yang dianalisis berfokus pada aspek kognitif dan aspek psikomotorik sebagai data pendukung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIIA dan IIIB SD Negeri Kedungsari 5 Magelang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Sampel dari penelitian ini berjumlah 59 siswa dengan 29 siswa sebagai kelompok eksperimen dimana pembelajaran menggunakan media tabel milenium dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol dengan kegiatan pembelajaran metode ceramah. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi psikomotorik. Pengaruh media tabel milenium terhadap hasil belajar siswa dihitung menggunakan metode Independent Sample t-test dengan bantuan program SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan nilai thitung sebesar 5,286 dengan ttabel sebesar 2,002 (thitung > ttabel) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (signifikansi < 0,05) yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kelompok eksperimen dan posttest kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media tabel milenium berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si. (0611098203) dan Astuti Mahardika, M.Pd. (0626118702)
Uncontrolled Keywords: Media Tabel Milenium, Hasil Belajar, Materi Pengukuran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:44
Last Modified: 19 Sep 2019 02:44
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item