PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MATERI KOPERASI

Ristiyaningsih, Ristiyaningsih (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MATERI KOPERASI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0034_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTSR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (675kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0034_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0034_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0034_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajara IPS pada materi Koperasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunugsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one-group pre test-post test. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keaktifan siswa untuk variabel bebasnya adalah problem based learning. Subyek penelitian ini adalah 26 siswa pada kelas eksperimen dan 26 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan progam SPSS for windows 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap keaktifan siswa dalam pelajaran ilmu pengetahuan sosia. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan pre-test dan post-test siswa. Rata-rata skor pre-test siswa yaitu sebesar 59,73. Mengalami peningkatan pada skor post-test menjadi 72,92. Berdasarkan hasil uji wilcoxon menunjukan bahwa nilai sig 0,002 (sig < 0,05) yang berarti bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap Keaktifan siswa dalam belajar IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. H. Subiyanto, M.Pd. (0007085701) dan Ahmad Syarif M, Or.(0630038903)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Keaktifan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:13
Last Modified: 19 Sep 2019 03:13
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item