PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Mawati, Tri (2017) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0061_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTSR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0061_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0061_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0061_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA pada materi peristiwa alam dan kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pre test-post test control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jogomulyo Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang yang berjumlah 43 orang siswa. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 22 orang siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 21 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji mann whitney dengan membandingkan hasil post test pada kelas eksperimen dengan hasil post test pada kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model group investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model group investigation jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Rata-rata hasil pre test dan post test pada kelas eksperimen meningkat dari 62,68 menjadi 79,91 dan untuk rata-rata hasil pre test dan post test pada kelas kontrol adalah 56,43 menjadi 66,43. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan mann whitney yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil observasi juga menunjukkan adanya peningkatan pada setiap pemberian treatment dengan rata-rata pada treatment pertama 47,72%, pada treatment kedua meningkat menjadi 56,47%, pada treatment ketiga meningkat menjadi 60,68%, dan pada treatment keempat meningkat menjadi 63,86%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model group investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS., Kons.(0002086001) dan Astuti Mahardika, M.Pd. (0626118702)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis siswa, model group investigation.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:37
Last Modified: 19 Sep 2019 03:50
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item