PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN

Nurkhayati, Nurkhayati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0134_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (778kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0134_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0134_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0134_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media gambar terhadap hasil belajar PKn kelas IV SD Negeri Progowati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen murni (True Experimental Design).Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SD NegeriProgowati. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh terdiri atas 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes (pretest dan posttest). Perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media gambar terhadap hasil belajar PKn dihitung menggunakan metode Indepenent Sample t-test dengan bantuan program SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan pengujian, didapatkan nilai thitung sebesar 7,844 untuk aspek kognitif, dan didapatkan nilai thitung sebesar 7,562 untuk aspek afektif, dan untuk aspek psikomotorik didapat nilai thitung sebesar 3,455 dengan ttabel sebesar 2,02439(thitung> ttabel) dan nilai signifikansi sebesar 0,00 untuk aspek kognitif dana fektif dan 0,02 untuk aspek psikomotorik(signifikansi<0,05) yang berarti ada perbedaan pengaruh antara nilai posttest kelas eksperimen dan nilai posttest kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media gambar berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Dhuta Sukmarani, M.Si. (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe jigsaw dengan media gambar, hasil belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:46
Last Modified: 23 Sep 2019 02:46
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item