PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA “JADILOGAN” TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Fitriana, Wulan (2017) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA “JADILOGAN” TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0161_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0161_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0161_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0161_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model contextual teaching and learning berbantuan media “JADILOGAN” terhadap hasil belajar matematika siswa kelas I. Hasil belajar matematika adalah suatu kemampuan yang dimiliki siswa secara utuh mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik setelah siswa mengikuti pembelajaran matematika. Sampel dalam penelitian dipilih dengan cara sampling jenuh. Penelitian menggunakan desain quasi eksperimen Nonequivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen terdiri dari 21 subjek yang diberi perlakuan dengan model contextual teaching and learning berbantuan media “JADILOGAN”, dan kelas kontrol terdiri dari 20 subjek yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, dan observasi terhadap hasil belajar matematika. Skor hasil tes dan observasi dianalisis menggunakan uji t pada aspek kognitif dan uji Mann Whitney pada aspek afektif dan psikomotorik dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.0. Perhitungan hasil belajar matematika aspek kognitif diperoleh t hitung sebesar 4,019 dengan Sig. (2-tailed) < 0,05. Berdasarkan dk 39 t tabel diperoleh 2,023. Jadi nilai t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% (4,019 > 2,023). Perhitungan aspek afektif diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000; dan aspek psikomotorik diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Perolehan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang berarti < Asymp.Sig. 0,05. Sehingga hipotesis penelitian yang diajukan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar matematika siswa kelas I dengan menggunakan model contextual teaching and learning berbantuan media “JADILOGAN”.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901)
Uncontrolled Keywords: Model contextual teaching and learning, hasil belajar matematika, kognitif, afektif, psikomotorik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 03:01
Last Modified: 23 Sep 2019 03:01
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item