IMPLEMENTASI MODEL TEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SDN WIROPATI

Triyanti, Triyanti (2017) IMPLEMENTASI MODEL TEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SDN WIROPATI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0186 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0186 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0186 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0186 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar matematika tentang menghitung luas persegi dan persegi panjang dengan mengimplementasikan model temuan terbimbing pada siswa kelas III SDN Wiropati Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil belajar yang dimaksud adalah aspek kognitif dan psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adaalah siswa kelas III SDN Wiropati yang berjumlah 24 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes hasil belajar dan lembar observasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Penghitungan validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini, peneliti menggunakan bantuan program SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi model temuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi menghitung luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDN Wiropati. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil pengisian angket minat yaitu pra siklus memperoleh 63,75%, siklus I meningkat menjadi 75,89%, siklus II meningkat menjadi 81,14%. Sedangkan tuntas belajar klasikal siswa pada setiap siklus yaitu pra siklus 54,17%, siklus I 70,83%, siklus II mencapai 83,33%. Peningkataan nilai psikomotorik pada siklus I mencapai 75,43%, siklus II mencapai 78,12%. Peningkatan ini diikuti peningkatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh 70% pada siklus II meningkat menjadi 85%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Septiyati Purwandari, M.Pd.(0601098303)
Uncontrolled Keywords: Model Temuan Terbimbing, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 23 Sep 2019 09:22
Last Modified: 23 Sep 2019 09:22
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item