PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUTRA DAYANG UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP WAYANG PANDAWA PADA SISWA KELAS IV SD

Asfari, Asfari (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUTRA DAYANG UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP WAYANG PANDAWA PADA SISWA KELAS IV SD. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0135_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0135_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0135_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0135_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0135_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, karakteristik, keefektifan media pembelajaran Putra Dayang dalam peningkatan konsep wayang pandawa di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Sirojuddin Mungkid, subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development, dengan tahap studi pendahuluan, pengembangan produk, dan pengujian produk. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui angket, wawancara, dan tes. Kevalidan dinilai dari instrumen media pembelajaran Putra Dayang beserta perangkat pendukungnya. Keefektifan dinilai dari tes hasil belajar, dengan menggunakan teknik analisis uji prasyarat, uji independent test, dan uji n gain untuk mengetahui seberapa efektif dan seberapa peningkatan penguasaan konsep wayang pandawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran Putra Dayang sangat valid dan layak untuk digunakan, hal ini dibuktikan dengan skor kevalidan media adalah 83,275%, skor 82,9% (RPP), 84,9% (materi), 85,3% (LKS), dan 83,8% (THB). (2) Media pembelajaran Putra Dayang efektif untuk digunakan dan mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu juga dapat dilihat dari uji N gain. Berdasarkan perhitungan N gain hasil nilai efekktivitas adalah 3 > 1.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd. Kons dan Galih Istiningsih, M.Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Putra Dayang, Pembelajaran Bahasa Jawa, Wayang Pandawa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 24 Apr 2019 06:53
Last Modified: 27 Apr 2019 02:14
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item