PENGARUH PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE AND EXPLAIN) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN IPA

Nadhiroh, Kharisatun (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE AND EXPLAIN) BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0043_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0043_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0043_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0043_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0043_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (613kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran POE (Predict, Observe and Explain) berbasis Multiple Intelligence terhadap keterampilan metakognitif siswa mata pelajaran IPA pada kelas 5 SD Negeri Sumberarum 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini eksperimen dengan desain Pre-Experimental Designs, khususnya pola one group pretest posttest design. Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berbasis Multiple Intelligence diterapkan di kelas 5 A SD N Sumberarum 1 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data penelitian yang dikumpulkan melalui angket dan tes kemudian dianalisis menggunakan Uji Non Parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) berbasis Multiple Intelligence berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa mata pelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Uji hipotesis diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POE (Predict, Observe and Explain) berbasis Multiple Intelligence berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif siswa mata pelajaran IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi. dan Rasidi, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain), Multiple Intelligence, Keterampilan Metakognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:26
Last Modified: 24 Apr 2019 07:26
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item