PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA THE CIRCLE OF SAINS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS

Ikhsanto, Lina Qurrotaa’yun (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA THE CIRCLE OF SAINS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0198_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (982kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0198_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0198_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0198_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0198_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media the circle of sains terhadap keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri Kramat 4. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttets Design. Subjek penelitian menggunakan seluruh sampel yang ada (totall sampling) pada kelas V SD N Kramat 4. Sampel yang ada sejumlah 22 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen observasi keterampilan proses sains siswa. Data dianalisis menggunakan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon berbantuan SPSS 23.00 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media the circle of sains berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data menggunakan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon dengan nilai signifikan 0,0001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga didukung melalui data perbedaan antara hasil rata-rata pretest sebesar 22,3 dengan hasil rata-rata posttest sebesar 33,7. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan media the circle of sains berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SD N Kramat 4.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si.,Psi. dan Ari Suryawan, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: model Inkuiri terbimbing, the circle of sains, keterampilan proses sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:40
Last Modified: 25 Apr 2019 03:40
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item View Item