PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Mazida, Husnul (2019) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0102.0181_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0102.0181_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0102.0181_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0102.0181_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF
15.0102.0181_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Nilai perusahaan merupakan kondisi yang menggambarkan pencapaian suatu perusahaan selama proses beroperasinya. Peningkatan nilai perusahaan merupakan prestasi yang mencerminkan peningkatan kemakmuran bagi pemegang saham. Laporan keuangan merupakan media informasi bagi para stakeholder untuk menilai kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan manajemen laba sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan data sekunder berupa data dari laporan tahunan pada tahun 2008 sampai dengan 2018. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan metode pengambilan sampel dengan purposive sampling dalam periode penelitian selama 11 tahun dari tahun 2008-2018 diperoleh sampel sebanyak 4 perusahaan atau 44 sampel. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan manajemen laba tidak terbukti memoderasi secara memperlemah hubungan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan, namun manajemen laba mampu memoderasi secara memperlemah hubungan ukuran perusahana terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Muhammad Al Amin, SE., M.Si.(0617097201) dan Ibu Annisa Hakim Purwantini,S.E., M.Sc.(0628109002)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 05 Nov 2019 07:17
Last Modified: 05 Nov 2019 07:17
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item