PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KESADARAN LINGKUNGAN

Lisaningrum, Naela (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KESADARAN LINGKUNGAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0021_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0021_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0021_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0021_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0021_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran penggunaan model pembelajaran aktif dengan media audio-visual terhadap peningkatan pemahaman kesadaran lingkungan siswa kelas 4 SD N Kalirejo 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimen), dengan model Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan merupakan sampel jenuh, diambil sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 kelompok eksperimen dan 20 kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Tes ini digunakan untuk menguji sejauh mana siswa mengalami perubahan pemahaman kesadaran lingkungan sebelum dan sesudah mengambil tindakan. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analysis of varian (Anova) dengan program SPSS versi 23, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan kesamaan dua varians (homogenitas) dan uji hipotesis. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran aktif dengan media audio-visual terhadap peningkatan pemahaman kesadaran lingkungan. Bukti adanya peningkatan pemahaman kesadaran lingkungan siswa yaitu adanya perbedaan signifikan antara nilai posttest kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol yaitu nilai rata-rata posttest antara kedua kelas 12 dengan rata-rata kelompok eksperimen 85 dan kelompok kontrol 77. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran aktif dengan media audio-visual terhadap peningkatan pemahaman kesadaran lingkungan siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Kalirejo 1 : Selalu Berhemat Energi

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons dan Rasidi, M.Pd(Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif, Pemahaman Kesadaran Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:01
Last Modified: 25 Apr 2019 04:01
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item