PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Khuroisin, Rani (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhamamdiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0005_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (657kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0005_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0005_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0005_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0005_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model konstruktivistik dengan media konkret terhadap hasil belajar IPA kelas III Sekolah Dasar Negeri Ngadirejo Salaman Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas III SD Negeri Ngadirejo Salaman Kabupaten Magelang. Teknik samping dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa terdiri dari 22 siswa kelompok eksperimen dan 18 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes aspek kognitif. Uji validitas instrumen tes hasil belajar dengan menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan ANOVA dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran konstruktivistik dengan media konkret berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis One Way ANOVA dengan nilai sig 0,004 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat perbedaan skor rata-rata nilai hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen sebesar 83,27 dan kelompok kontrol sebesar 73,11. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran konstruktivistik dengan media konkret berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons., dan Ari Suryawan, M.Pd., (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Konstruktivistik, Media Konkret, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:12
Last Modified: 25 Apr 2019 04:12
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item View Item