PENGARUH METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA TOPBERGAM TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA

Indarwati, Rini (2019) PENGARUH METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA TOPBERGAM TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0030_BAB 1_BAB 2_BAB3_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0030_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0030_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0030_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0030_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing berbantuan media Topbergam terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Manggong Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-experimental design dengan model one group pretest posttest design. Subjek peneltian dipilih secara total sampling, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Manggong Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung yang berjumlah 23 siswa. Seluruh siswa kelas V dijadikan sebagai kelompok eksperimen yang dikenai metode role playing berbantuan media Topbergam. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes lisan keterampilan berbicara siswa. Uji validitas instrumen lembar tes lisan berbantuan media topbergam dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS versi 23 for windows. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik Wilcoxon signed Rank test dengan bantuan program SPSS versi 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode role playing berbantuan media topbergam terhadap keterampilan berbicara siswa berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan untuk keterampilan berbicara diperoleh nilai Zhitungadalah -4,204,uji satu sisi dan tingkat signifikansi 5% didapat Ztabel -1,645.KarenaZhitunglebih besar dari nilai Ztabel (-4,4204> -1,645), maka Ho ditolak sehingga dapat dikatakan bahwa metode role playing berbantuan media topbergam berpengaruh positif terhadap Keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si. dan Tabah Subekti, M.Pd., (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Metode role playing, keterampilan berbicara siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2019 04:14
Last Modified: 25 Apr 2019 04:14
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item View Item