PENGARUH PUZZLE INTERAKTIF TERHADAP WORKING MEMORY ANAK USIA DINI(Penelitian pada Siswa Kelas B Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Bumirejo kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang)

Arti, Intan Deang (2018) PENGARUH PUZZLE INTERAKTIF TERHADAP WORKING MEMORY ANAK USIA DINI(Penelitian pada Siswa Kelas B Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Bumirejo kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0304.0010 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (706kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0010 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0010 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0010 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh puzzle interaktif terhadap working memory anak pada anak kelas B di BA Aisyiyah Bumirejo Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilakukan dengan desain eksperimen One Group Pretest- Posttest Design. Metode yang dilakukan dengan menggunakan metode tes. Metode tes adalah suatu teknik pengukuran yang di dalamnya terdapat berbagai pertanyaan, pernyataan atau serangkian tugas yang harus dikerjakan atau di jawab oleh responden. Subyek penelitian dipilih secara total sampling, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 anak. Pengambilan kesimpulan dalam menganalisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Testprogram SPSS For Windows Versi 23,00. Kesimpulan hasil penelitian adalah terdapat pengaruh puzzle interaktif terhadap working memory pada anak usia dini. Skor penilaian tes dengan menggunakan buku pic the picture games dianalisis dengan menggunakan metode statistic non parametric bantuan program SPSS for Windows Versi 23.00. Data pretest skor minimum sebesar 20, skor maksimum sebesar 26, rata-rata pretest sebesar 23,35. Dan data posttests kor minimum sebesar 24, skor maksimum sebesar 28, rata-rata posttest sebesar 26,65 yang memberikan pengertian bahwa ada peningkatan antara data pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji beda peningkatan skor kemampuan working memory anak usia dini antara tes awal dan tes akhir diperoleh hasil nilai Z sebesar -3,855 dengan sing (2-tailed) = 0,00 <0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan working memory anak usia dini antara tes awal (pretest) dengan tes akhir (posttest) secara signifikan. Sehingga dalam penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh puzzle interaktif terhadap working memory anak.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi dan Hermahayu, M.Si (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Puzzle Interaktif, Working Memory Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 27 Apr 2019 03:10
Last Modified: 29 Apr 2019 06:28
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item