PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang)

Sari, Shohifatul Rahmatika (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0007_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0007_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0007_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0007_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0158_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran round table terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas V SDN Pasuruhan 1, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design jenis non equivalent control grup design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pasuruhan 1 yang berjumlah 19 siswa dan siswa kelas V SD Negeri Kembangkuning 2 yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Data penelitian yang dikumpulkan melalui tes kemudian dianalisis menggunakan Uji U Man Whitney dengan bantuan IBM SPSS Statistic 24. Berdasarkan pengujian menggunakan uji U Mann Whitney, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran round table berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai posttest dibandingkan nilai pretest. Uji hipotesis diperoleh Asymp Sig (2-tailed) adalah 0,006. Nilai signifikansi 0,006 < 0,05 maka model pembelajaran round table berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Arif Wiyat Purnanto,M.Pd. (0624118801)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Round Table, Keterampilan Menulis Cerita Pendek
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:34
Last Modified: 19 Dec 2019 04:34
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item