PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN EFIKASI DIRI(Penelitian pada Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah Kota Magelang)

Jayanti, Effva (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN EFIKASI DIRI(Penelitian pada Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0003 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0003 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0003 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0003 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing terhadap peningkatan efikasi diri. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah Kota Magelang T.A 2017/2018. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen murni dengan menggunakan model pretest-posttest control group design dengan satu perlakuan. Subyek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil melibatkan 20 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 10 siswa kelompok eksperimen (kelompok yang diberikan perlakuan dengan teknik role playing) dan 10 siswa kelompok kontrol (kelompok yang tidak diberi perlakuan). Metode pengumpulan data penelitian yaitu berupa skala efikasi diri. Teknik analisis data menggunakan analisis nonparametrik uji Mann Whitney dengan bantuan program SPSS for windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 12,74% sedangkan rata-rata kelompok kontrol sebesar 1,26%. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis parametrik menggunakan Uji Mann Whitney pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,040< 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role playing mampu meningkatkan efikasi diri siswa SMP Muhammadiyah Kota Magelang T.A 2017/2018.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons dan Ibu Nofi Nur Yuhenita, M.Psi. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing, Efikasi Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 27 Apr 2019 03:37
Last Modified: 29 Apr 2019 06:33
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item View Item