PENGARUH TEKNIK BIBLIOTERAPI DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN EMPATI SISWA(Penelitian pada SiswaKelas X IPS 1 SMA NEGERI 5 Purworejo)

Rakhmawati, Meita (2018) PENGARUH TEKNIK BIBLIOTERAPI DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN EMPATI SISWA(Penelitian pada SiswaKelas X IPS 1 SMA NEGERI 5 Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0009 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (805kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0009 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0009 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0009 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhTeknik Biblioterapi dalam Layanan Bimbingan kelompok terhadap meningkatkan pemahaman empati siswa, penelitian ini dilakukanpada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 5 Purworejo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimenone group pre test-post test group design dengan satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 6 siswa, sebagai kelompok eksperimen yaitu siswa yang diberi perlakuan (bimbingan kelompok dengan teknik biblioterapi).Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara,dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis Non Parametrik uji Wilcoxon signed rank test dengan bantuan program SPSS 22.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik biblioterapi dalam layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman empati siswa .hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan skorpost test yang signifikan lebih tinggi dibanding dengan skor pre test sebelum diberikan teknik biblioterapi dalam bimbingan kelompok. peningkatan skor tertinggi adalah 41 atau 42% dan terendah sebesar 30 atau 28%. Rata –rata skor sebesar 35,33 atau35,3%. Selain itu peningkatan pemahaman empati siswa ditandai dengan peningkatan pada salah satu indikator yaitu ikut merasakan apa yang di rasakan orang lain kini sudah mencoba untuk lebih merasakan apa yang sedang dirasakan oleh orang lain.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons dan Sugiyadi, M.Pd., Kons. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Teknik Biblioterapi, Bimbingan Kelompok, Pemahaman Empati siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 27 Apr 2019 03:39
Last Modified: 27 Apr 2019 03:39
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item