PENINGKATAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK SISWA MELALUI PENERAPAN METODE HANIFIDA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SD NEGERI PUCUNGREJO 1 MUNTILAN

Handayani, Fitri (2019) PENINGKATAN HAFALAN SURAT-SURAT PENDEK SISWA MELALUI PENERAPAN METODE HANIFIDA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SD NEGERI PUCUNGREJO 1 MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0028_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0028_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0028_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0028_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0028_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui kemampuan menghafal peserta didik kelas IV di SD Negeri Pucungrejo 1 Muntilan sebelum penerapan Metode Hanifida, 2) Mengetahui penerapan Metode Hanifida pada peserta didik kelas IV di SD Negeri Pucungrejo 1 Muntilan, 3) Mengetahui peningkatan dalam menghafal surat-surat pendek pada peserta didik kelas IV di SD Negeri Pucungrejo 1 Muntilan setelah diterapkan Metode Hanifida. Peneliti menggunakan satu kelas dengan menerapkan Metode Hanifida yaitu kelas IV di SD Negeri Pucungrejo 1 Muntilan yang jumlahnya ada 23 peserta didik.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes yang digunakan untuk mengungkap variabel peningkatan hafalan peserta didik dengan skor angka dan teknik non-tes (observasi dan dokumentasi) untuk memperkuat data yang diperoleh dalam observasi. Dokumentasi digunakan untuk memberi gambaran secara faktual mengenai aktivitas dan suasana pembelajaran yang berlangsung.Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data kuantitatifdengan bantuan komputer program Excel 2013. Pada saat dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Metode Hanifida, suasana pembelajaran di kelas IV menjadi lebih hidup, peserta didik menjadi lebih aktif dan semangat dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah kegiatan pra siklus, yaitu mencari data hasil belajar sebelum menggunakan Metode Hanifida. Tahap kedua dan ketiga adalah pelaksanaan Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan menghafal peserta didik kelas IV di SD Negeri Pucungrejo 1 Muntilan sebelum penerapan Metode Hanifida adalah masih kesulitan untuk menghafal. Hal ini ditandai dengan peserta didik yang belum aktif di dalam kelas, belum menulis huruf hijaiyah sesuai cara penulisan huruf hijaiyah yang tepat dan masih kurang percaya diri untuk membaca Q.S Al-Ma’un, dikarenakan belum bisa membaca dengan lancar, 2) Penggunaan Metode Hanifida pada hafalan peserta didik kelas IV di SD Negeri Pucungrejo 1 Muntilan sudah terlaksana dengan baik, ditandai dengan kemampuan menghafal peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, 3) Hasil menghafal peserta didik melalui Metode Hanifida pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan. Hal ini diketahui dari nilai rata-rata peserta didik dari pre test adalah 63,04 dengan presentase ketuntasan 26,09 %,meningkat dari post test siklus I dengan rata-rata 71,48 dengan presentase ketuntasan 71,48 % dan pada post test siklus II meningkat lagi menjadi 84,34 dengan presentase ketuntasan 86,96 %. Maka dapat diketahui bahwa penggunaan Metode Hanifida dapat meningkatkan kemampuan menghafal peserta didik kelas IV di SD Negeri Pucungrejo 1 Muntilan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr .Imron, MA (0618077302) dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I. (0609088901)
Uncontrolled Keywords: Hafalan Surat Pendek, Penerapan Metode Hanifida, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, SD Negeri Pucungrejo 1 Muntilan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 21 Dec 2019 06:32
Last Modified: 21 Dec 2019 06:32
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item