MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA MENGGUNAKAN SYNTAXIS METHOD MELALUI MEDIA WORD COLOUR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Pada Siswa Kelas 3SD Negeri Banyurojo 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang)

Santiroso, Retno (2019) MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA MENGGUNAKAN SYNTAXIS METHOD MELALUI MEDIA WORD COLOUR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Pada Siswa Kelas 3SD Negeri Banyurojo 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0047_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (783kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0047_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0047_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0047_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0047_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview

Abstract

Proses belajar dan mengajar disekolah, salah satunya kegiatan utamanya adalah membaca. Membaca adalah salah satu kegiatan penting dalam menopang kesuksesan belajar siswa. Membaca pada siswa SD perlu diajarkan dengan matang karena terkait membaca pada tahapan yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan kualitas membaca menggunakan Syntaxis Method melalui media Word Colour terhadap pemahaman siswa pada tanda baca dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK. Terdapat dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri atas 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negri Banyurojo 2 Mertoyudan Magelang yang berjumlah 28. Terdapat dua variabel penelitian yaitu Kualitas Membaca Bahasa Indonesia dan Syntaxis Method berbantuan media Word Colour. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Uji instrumen dilakukan menggunakan uji validasi instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Syntaxis Method menggunakan Word Colour dapat meningkatkan kualitas membaca dalam Bahasa Indonesia kelas 3 SD Negeri Banyurojo 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang. Peningkatan kualitas membaca ini nampak pada pembelajaran siklus 1 ketuntasan belajar pada siklus 1 sebesar 16% yaitu nilai rata-rata 65. Sedangkan pada siklus 2 dimana ketuntasan belajar meningkat menjadi 100% yaitu nlai ratarata kelas selama pembelajaran Bahasa Indonesia meningkat menjadi 81. Simpulan penelitian ini menunjukan adanya peningkatan yang siknifikan pada penerapan metode Syntaxis Method melalui media Word Colour kelas 3 SD Negri Banyurojo 2 Mertoyudan Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si. Kons (0012096606) dan Muhammad Atiq Noviudin Pritama, M.Pd. (0625118801)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Membaca, Bahasa Indonesia, (Syntaxis Method) Melalui Media Word Colour
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 28 Dec 2019 02:07
Last Modified: 28 Dec 2019 02:07
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item View Item