PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Bansari Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung)

Nugraheni, Luki Nastiti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Bansari Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0076_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (732kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0076_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0076_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0076_FULL TEXT...pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0076_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Coopertive Script terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Bansari Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis pre-eksperimental design dan model eksperimen one group pretest posttest design sedangkan instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa lembar tes lisan. Populasi penelitian ini adalah 24 siswa kelas III Sekolah dasar Negeri 2 Bansari Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Sekolah dasar Negeri 2 Bansari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 24 subyek, teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh, sedangkan analisis data menggunakan teknik statistik non-parametrik yaitu dengan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cooperative Script berpengaruh dalam keterampilan berbicara di Sekolah Dasar Negeri 2 Bansari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung tahun ajaran 2018/2019. Hal tersebut terbukti adanya kenaikan rata-rata nilai pengukuran awal (pretest) 62,50 menjadi 67, 96 pada nilai rata-rata pengukuran akhir (posttest) dengan selisish 5,46 dan Asym sign = 0,002 < α = 0,005 dengan nilai Z = -3,066. Artinya bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa : “Model Cooperative Script berpengaruh terhadap keterampilan berbicara” dapat diterima dan terbukti kebenarannya. Simpulan penelitian ini adalah model Coopertive Script berpengaruh terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Guru kelas III dapat memanfaatkan model Cooperative Script sebagai salah satu alternatif model dalam pembelajaran bahasa Indonesia aspek berbicara untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, model Cooperative Script berpengaruh terhadap keterampilan berbicara.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si. (0007096412) dan Arif Wiyat Purnanto M.Pd. (0624118801)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Script, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 28 Dec 2019 02:09
Last Modified: 28 Dec 2019 02:09
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item